Pengunjung

Minggu, 25 November 2018

MINAHASA STAM

Orang Borgo adalah salah satu golongan penduduk yang merupakan bagian dari suku bangsa Minahasa, berdiam di daerah Sulawesi Utara (Sulut), Negara Kesatuan Republik Indonesia
.
Pada masa lalu mereka banyak berdiam di Kota Manado, Kema Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Tanawangko Kabupaten Minahasa, dan Kota Amurang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Mereka ini pada mulanya merupakan golongan peranakan dari orang Eropa, yaitu
 Belanda, Portugis, dan Spanyol.
Suku minahasa banyak marga nya,terutama marga TIKOALU/TICOALU
Karakter orang bermarga Tikoalu atau Ticoalu itu adalah cenderung baik, Laki-lakinya ganteng banget, Cewek-cewek marga Tikoalu atau Ticoalu pun cantik, ramah dan tidak cerewet.

Berdasarkan ciri-ciri fisiknya, masyarakat keturunan Borgo memiliki tampang Endo; adalah turunan dari orang Spanyol, Portugis, dan Eropa.
Marga Minahasa diambil dari nama keluarga yang digunakan oleh kepala rumah tangga (orang tua lelaki demikian umumnya nama anak dari sebuah keluarga akan ditambahkan nama keluarga sang ayah di belakangnya. Bila seorang perempuan menikah, nama keluarga sang suaminya disisipkan di antara nama depan dan nama keluarga asli perempuan tersebut. Praktik ini menunjukkan pengaruh budaya Spanyol dan Portugis yang masih tersisa di Minahasa. Keluarga itu akan menggunakan kedua marga tersebut sebagai nama resminya. Jadi, misalnya seorang laki-laki yang bermarga "Assa" menikah dengan seorang perempuan yang bermarga "Damongilala", maka keluarga itu disebut "Keluarga Assa-Damongilala", meskipun anak-anak mereka kelak hanya akan menggunakan nama "Assa" saja sebagai marga mereka.



Nama keluarga atau fam dari masyarakat keturunan Borgo bernuansa kebaratan, seperti : Frans, George, Thomas, Lucas, Paulus, Van Behen, Van Bone, Douwesdekker, Meyer, Winter, Marcus, Setlight, Heydemanns, Gontha, Matheozs, Andries, Boulegraaf, Molenaar, Fredrick, Golose, Van Derslood , Joseph/Yoseef/Yoseph dan lainnya.

okeyy semua segini dulu ya!penjelasan saya tentang suku minahasa , marga ticoalu, dan orang borgo

SALAM CINTA BUDAYA
TERIMAKASIHHHHH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar